Kamis

DBD menyerang...

Makassar lagi musim hujan...

artina penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) menyerang....

yah...penyakit inilah yang sering muncul kalo musim hujan...

Penyakit Demam Berdarah Dengue adalah penyakit infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus Dengue dan terutama menyerang anak- anak dengan ciri- ciri demam tinggi mendadak dengan manifestasi perdarahan dan bertendensi menimbulkan shock dan kematian.
Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan mungkin juga Albopictus yang menyebabkan gangguan sistem pertahanan tubuh yang mengakibatkan menurunnya jumlah dan fungsi sel pembeku darah serta gangguan pada pembuluh darah.

Nah, perlu diketahui gejala yang biasa ada pada penderita DBD, ini berdasarkan apa yng ku bca dan yang aku lihat di rumah sakit...
Gejala DBD -
  • Demam tinggi yang mendadak terus menerus selama 2-7 hari,
  • tampak bintik-bintik merah pada kulit,
  • kadang terjadi pendarahan di hidung (mimisan) terjadi setelah 2-3 setelah demam
  • pembesaran hati (hepatomegali)
  • renjatan (shock) terjadi 3-7 mulai sakit. Renjatan terjadi karena perdarahan atau kebocoran plasma ke daerah ekstra vaskuler melalui kapilar yang rusak. Adapun tanda-tanda perdarahan: kulit teraba dingin pada ujung hidung, kaki dan jari. gelisah. nadi cepat, lemah, kecil sampai tak teraba. tekanan nadi menurun (20 mmHg).
  • Gejal lain yang biasa menyertai : anoreksia, mual, muntah, lemah, sakit perut, diare atau konstipasi dan kejang.
Sampai saat ini obat untuk membasmi virus dan vaksin untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue belum tersedia. Cara yang tepat guna untuk menanggulangi penyakit ini secara tuntas adalah memberantas vektor/nyamuk penular. Vektor Demam Berdarah Dengue mempunyai tempat perkembangbiakan yakni di lingkungan tempat tinggal manusia terutama di dalam stan diluar rumah.

jadi kita harus waspada, selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih dan jangan lupa melakukan 3M yang telah dianjurkan oleh pemerintah yaitu :

1. Menguras bak mandi

2. Menutup penampungan air

3. Mengubur barang bekas yang dapat menampung air

itu semua untuk mencegah bersarangnya dan berkembang biaknya vektor penyakit DBD, yaitu nyamuk aedes aegepty.

DBD...DBD...
Sekarang aj di rumah sakit tempat aku menuai ilmu, udah banyak pasien DBD, kebanyakan anak2. tapi yng dewasa jangan lega hati dulu dong, coz DBD gak pandang umur!!!

so...kita semua harus BERANTAS VIRUS DENGUE!!!!

Tidak ada komentar: